Camping Di Puncak Guha

Puncak Guha. Halo Assalamualaikum temen-temen, bagaimana kabarnya nih? Semoga baik baik aja ya !

Kali ini saya akan berbagi pengalaman waktu saya camping di Puncak Guha Garut.

Kalau kalian sedang mencari referensi tempat camping, tempat ini sangat cocok untuk kalian jadikan list nya.

Saya akan berbagi dari mulai persiapan, peralatan, keberangkatan, acara kegiatan, keindahan pemandangan, dan sampai kepulangan saya dari sini.

Jadi baca sampai beres ya! Wkwk.

Puncak Guha

ig : fauziajis.me

Alamat: Sinarjaya,Bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44165, Indonesia.

Garut merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat yang terletak di selatan Jawa.

Garut juga di kenal sebagai tempat yang memiliki kawasan pesisir di bagian selatan yang berbatasan dengan Samudra Hindia.

Oleh karena itu, Garut memiliki beberapa Pantai yang menarik untuk di kunjungi, salah satunya adalah Pantai Puncak Guha.

Pantai yang berlokasi di Desa Sinarjaya, Kec, Bungbulang, Kab, Garut Jawa Barat ini, berdekatan dengan Pantai Rancabuaya yang memiliki jarak kurang lebih 3 km.

Pantai Puncak Guha merupakan semenanjung kecil berupa tebing.

Pantai ini di sebut Guha karena di bawahnya  terdapat gua kelelawar yang masih dihuni oleh para kelelawar menghadap ke Samudra Hindia.

Pemandangan di sini bagus banget, apalagi pas lagi sunset atau sunrise.

Buat kalian yang suka fotografi dan suka berburu tempat sunrise point atau sunset sangat cocok nih !

Persiapan

pixabay

Persiapan saya untuk camping di tempat ini tidak lah main-main.

Saya sudah merencanakan nya dari sebulan sebelum keberangkatan.

Persiapan nya di antara lain :

• Pengumpulan anggota
  • List peralatan yang harus di bawa
  • Survei tempat

Pengumpulan anggota

pixabay

Untuk pengumpulan anggota, hampir setiap hari saya share rencana camping ini di grup-grup WhatsApp.

Karena rencana saya memang akan melibatkan banyak orang, supaya lebih seru dan lebih berkesan.

Saya terus membagikan undangan-undangan acara ini setiap minggu.

Dan pada akhirnya terkumpul sekitar 30 orang yang akan mengikuti acara camping ini.

List Peralatan

pixabay

Anggota sudah terkempul sekarang giliran saya melakukan list peralatan apa saja yang harus di bawa camping.

Dengan dibantu teman yang sudah pengalaman tentang camping, jadi saya tidak terlalu pusing untul list apa saja yang harus di bawa.

List peralatan yang harus di bawa antara lain sebagai berikut :

1. Tenda
  2. Matras
  3. Sleeping bag
  4. Kompor gas portable
  5. Lampun tenda
  6. Nesting
  7. Piring, gelas, dan peralatan makan lain nya
  8. Beras

Kurang lebih itu yang paling penting temen-temen. Sisa nya kalian bisa menyesuaikan sesuai kebutuhan.

Survei Tempat

Garutkab TV

Seminggu sebelum hari H kami camping saya mengajak temen saya sebut saja Aris untuk survei terlebih dahulu.

Cimahi – Garut. Kami survei hari rabu pagi sekitar jam 5 sehabis salat subuh.

Rencana kami sampai jam 10 siang, tapi ternyata perjalanan jauh memaksa kami untuk berhenti istirahat beberapa kali.

Kami mengambil rute Pangalengan.

Akses jalan sudah lumayan bagus. Setelah kita melewati Pangalengan kita tinggal terus saja ikutin jalan.

Saya masih ingat setiap belokan kita selalu ambil yang ke kanan.

Tapi jangan khawatir karena ada petunjuk jalan si sepanjang jalan.

Beberapa jam kita berjalan kita sampai di Puncak Guha.

Kami langsung survei bagaimana cuaca, kondisi air, toilet, tempat salat, sampai harga tiket masuk dan harga untuk mendirikan tenda di sana.

Singkat cerita kami selesai survei dan hasil nya aman, kami langsung balik lagi ke Cimahi karena takut kemaleman di jalan.

Hari Keberangkatan

pexels

Akhirnya hari hari yang saya dan teman-teman tunggu-tunggu telah tiba.

Hari itu hari sabtu pagi kami berkumpul di lapangan asrama tempat kami tinggal.

Sambil menunggu semua anggota terkumpul ada guru kami yang memimpin doa untuk keselamatan kami.

Setelah selasai berkumpul dan berdoa kami langsung berangkat, sekitar jam 7;30 kami berangkat dari Cimahi.

Sekitar 15 sepeda motor kami konvoi sepanjang jalan.

Sebelum berangkat pastikan kalian sudah mengatur rombongan konvoi nya, siapa yang memimpin, yang mengatur barisan, dan yang paling belakang memastikan setiap anggota nya aman.

Kalian harus mengatur barisan konvoi terlebih dahulu supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di perjalanan seperti ketinggalan barisan, maju lebih dulu, terpisah dari rombongan.

Ada beberapa point penting yang harus kalian perhatikan ketika touring.

1. Jaket.
  2. Helm atau pelindung kepala.
  3. Pakaian ganti dan alas kaki.
  4. Sedia jas hujan.
  5. Obat-obatan dan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K).
  6. Kondisi ban, rem, sistem kemudi dan mesin.
  7. Kondisi fisik pengendara.

Silahkan point ini kalian maksimalkan semaksimal mungkin temen-temen.

Istirahat

komunita.id

Perjalanan dari Cimahi ke Puncak Guha bisa mencapai 5 jam paling lambat.

Makannya setiap 2 jam sekali kami berhenti untuk beristirahat sejenak.

Jangan remehkan soal istiraht ketika kalian touring temen-temen.

Hal itu bertujuan untuk mengatur jam biologis tubuh, sehingga bisa mengembalikan stamina dan konsentrasi yang dibutuhkan.

Sampai di Tujuan

fajarnurani79-blogspot-co-id

Setelah beberapa jam perjalanan, akhirnya kami sampai di tempat tujuan.

Biaya tiket masuk ke tempat ini masih terbilang sangat murah, kami hanya membayar 20 ribu/orang sudah dengan tiket nge camp di sini.

Setelah membayar tiket kami langsung mencari lokasi untuk mendirikan tenda.

Namun sayang ternyata tempat nya sudah lumayan penuh orang yang camping di sini.

Terpaksa kami kebagian lokasi seadanya, tidak di tempat yang bagus dan tanah yang enak buat mendirikan tenda.

Angin di sini sangat kencang, menurut warga setempat sudah beberapa hari angin nya besar besar kalau siang hari tapi katanya malam hari tidak sebesar siang hari.

Angin Kencang

Puncak guha
santuy

Akibat angin kencang kami tidak bisa langsung mendirikan tenda.

Sebagian dari kami ada yang santuy bermain gitar, ada yang turun ke pantai, ada yang tidur di warung yang kosong.

Banyak sekali warung yang kosong di sini, mungkin yang punya lagi pulang kampung kali ya.

Sampai sore kira-kira sekitar jam setengah 6, barulah angin sedikit pelan dan akhir nya kami mulai mendirikan tenda.

Kegiatan Acara

pixabay

Beberapa kegiatan pertama kami untuk malam ini diantaranya:

• Berburu sunset.
  • Makan malam.
  • Api unggun, sambil bakar bakar.
  • Games.
  • Renungan malam.
  • Tidur.

Setelah mendirikan tenda, matahari semakin tenggelam, acara kegiatan kami yang pertama di mulai yaitu berburu sunset.

Sunset di sini sangat sayang untuk di lewat kan.

Kayak di bukit teletubis nya Lombok loh ini, ya sebelas duabelas dah ya! Wkwk.

Sunset

Keindahan sunset di Puncak Guha
Ig : fauziajis.me

Sambil yang lain istirahat setelah memasang tenda, saya dan sebagian teman yang lain tidak lupa mengabadikan moment yang langka ini.

Melihat sunset di atas tebing, dengan hamparan ombak di bawah tepi pantai, MasyaAllah nikmat mana lagikah yang kamu dustakan?

Sunset Puncak Guha
Pict of me

Ku temukan senja paling jingga, di rona pipimu.

Sesekali, ingin ku menetap disana.

Sekedar untuk menepis air matamu.

“Aksaraazza”

Makan Malam

pexel

Acara yang kedua dari kegiatan kami yaitu makan malam,

Beruntung kami menemukan ibu-ibu yang baik hati yang mau memasak nasi buat kami, jadi kami tinggal menyiapkan lauk nya saja.

Makan kami cukup sederhana, tidak penting lauk nya apa yang penting kami bisa makan, kami sudah senang.

Api Unggun

pexels

Camping memang tidak lengkap rasanya kalau tidak mendirikan api unggun,

Sambil bakar-bakar sosis, bakso, ikan, umm enak banget loh temen-temen.

Sambil cerita-cerita, bermain gitar, moment yang sangat langka tentunya.

Kalian harus coba sesekali, jangan kerja terus! Jangan lupa piknik haha.

Games

pixabay

Banyak sekali games-games menarik yang bisa mengisi acara ini misal saja, games tebak kata, step dance, parodi dan games lainnya.

Dengan adanya games ini akan menambah keseruan saat malam hari dan pastinya menyenangkan.

Evaluasi Renungan Malam

pixabay

Evaluasi renungan malam merupakan acara penting dalam kegiatan camping, acara ini biasanya dilakukan pada tengah malam.

Tujuan renungan malam adalah untuk introspeksi diri atau sarana pengingat untuk menelaah dan mengambil hikmah dari peristiwa besar yang menimpa lingkungan sekitar.

Renungan biasanya berupa kata-kata atau kalimat yang menyentuh dan memberi rangsangan batin sehingga kita bisa lebih dekat dengan Allah.

Tidur

pixabay

Setelah semua kegiatan selesai kami langsung tidur.

Perlahan mata terlelap di kesunyian malam, deburan suara ombak, angin berhembus mengiringi lelap nya tidur kami.

Sunrise

ig : fauzidaily

Setelah bangun tidur kami satu persatu gantian salat, mandi, dan bersiap siap masak nasi untuk sarapan.

Sekitar jam setengah 6 pagi matahari mulai menampakan keindahan nya.

Kami berbagi tugas, yang suka fotografi dan pemburu matahari silakan ambil foto.

Yang tidak suka, merapikan semua barang-barang untuk mempermudah ketika mau membereskan tenda dan di cabut.

Setelah selesai semua tugas-tugasnya dan kami selesai hunting fotonya, kami pun bergegas merapikan tenda.

Pulang

pixabay

Akhirnya tiba saatnya untuk kami harus pulang.

Masih enggan rasanya balik lagi ke rumah, kembali menjalani rutinitas sehari-hari dengan pekerjaan yang monoton.

Kami pulang mengambil rute kota yaitu lewat Garut kota tidak lewat Pangalengan lagi.

Selain malas balik lagi ke Pangalengan yang jalan nya akan kebanyakan tanjakan-tanjakan yang mungkin akan menguras banyak energi motor kami, kami juga ingin tahu bagaimana kalau ambil rute kota.

Oleh Oleh

Texas nya Garut

Di tengah perjalanan kami menemukan satu spot tempat foto yang bagus.

Sepanjang jalan antara Pantai Puncak Guha sampai Pantai Santolo, kami tidak tahu tepatnya ini daerah mana.

Serasa di luar negeri nih ahaha.

Tak lama setelah puas foto-foto kami langsung melanjutkan perjalan pulang.

Di tengah perjalanan kami mulai terpisah, rombongan sudah tidak bisa di atur, sudah pada mau cepat sampai rumah haha.

Kurang lebih 5 sampai 6 jam perjalanan kita sampai kembali di Cimahi dengan selamat.

Akhir Kata

Squad CEUS

Demikian yang bisa saya bagikan, kurang lebih nya mohon maaf, besar harapan saya artikel ini bisa bermanfaat. Admin pamit undur diri.

Akhirul kalam Wassalamualaikum, wr, wb..

Kita lanjutkan pembahasan di artikel selanjutnya.

see you.

Pesan dan Kesan

Pesan

1. Jangan malas untuk olahraga.

2. Jangan takut untuk keluar dari zone nyaman.

3. Jangan malu bertanya.

4. Jangan lupa abadikan setiap moment nya.

5. Jangan lupa bersyukur.

Kesan

1. Mendapat pengalaman baru.

2. Mendapat stok foto yang berlebih haha.

3. Melihat keindahan sunrise dan sunset dari atas tebing.

4. Senang berbagi tempat-tempat terbaik di muka bumi.